Pengaruh Screen Time pada Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak

Seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi sangat pesat sekali. Adanya teknologi sangat membantu segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Jenis teknologi yang sering dijumpai oleh manusia diantaranya televisi, leptop, komputer, gawai, tablet dan jenis lainnya,  didukung dengan adanya internet tentunya menjadi sarana hiburan yang sangat mudah diakses dan mampu memberikan informasi yang dibutuhkan dalam waktu singkat.

Menurut The America Academy of ParentScreen time adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan waktu yang digunakan untuk menatap layar elektronik, baik itu televisi, komputer, ponsel pintar, tablet digital hingga permainan video. Sedangkan Kementerian Kesehatan RI mendefinisikan screen time sebagai waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi, menggunakan komputer, bermain video game, dan gawai.

Hasil data penelitian yang dilakukan oleh Christin dkk menyebutkan bahwa alasan screen time (penggunaan gawai, televisi, dll), sebanyak 70% dimaksudkan supaya tidak menganggu pekerjaan rumah tangga, 65% agar anak tenang,dan 28% untuk mengantarkan tidur.

Lalu apa sih dampak negatif dari screen time ?

Menurut AAP (The American Academy Parenting) , bukti ilmiah menunjukan bahwa dampak negatif screen time pada anak, diantaranya obesitas, speech delay, aspek kognitif, social comunication, Emosi, Joint etantion, dan sangat terbukti menurunkan kualitas serta kuantitas waktu yang dihabiskan anak dengan keluarga. Selain itu juga sangat berbahaya untuk kesehatan mata dan radiasi pada Otak, yang akhirnya akan berdampak pada perkembangan bahasa dan bicara anak.

Sebenarnya boleh tidak sih anak diberikan gawai ?

HUMAN BRAIN DEVELOPMENT

0-2 tahun termasuk dalam seribu hari pertama kehidupan, 1000 hari pertama kehidupan ini dimulai dari dalam kandungan samapai dengan usia 2 tahun. Pada usia ini anak mengalami tumbuh dan kembang yang sangat pesat. Pertumbuhan Otak, indra penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan maupun perabaan menerima stimulus dan menyerapnya dari lingkungan. Diawal tahun kehidupan salah satu sensor sensor yang pertama muncul adalah, audiotori dan visual.

Aturan dalam screen time

  1. 1-2 tahun tidak dianjurkan untuk screen time
  2. 3-5 tahun tidak lebih dari 1 jam perhari
  3. 6-10 tahun 1-1 setengah jam perhari dan harus diawasi oleh orangtua

Bagaimana cara untuk membatasi screen time pada anak ?

  1. Batasi pengunaan gawai
  2. Terapkan aturan durasi main gawai kepada anak sesuai usianya
  3. Buat waktu khusus untuk quality time bersama keluarga tanpa gawai dan lakukan aktivitas yang menyenangkan sebagai pengganti screen time.
  4. Berikan stimulasi non-Screen kepada anak

BAHASA DAN BICARA

Struktur bahasa: Fonoligi – Morfologi – sintaksis – semantik – dan pragmatik

  1. Fonologi = proses terbentuknya bunyi bunyi yang dihasilkan oleh organ artikulatori manusia
  2. Morfology = makna kata yang timbul dari gramatikal atau imbuhan
  3. Sintaksis = tatanan bahasa SPOK
  4. Semantik = Makna bahasa atau arti
  5. Pragmatik = pengunaan bahasa secara sosial

(Sumber : Podcast RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegera dengan narasumber: Dani Nurohman, S.Tr.Kes)

 

Mungkin Anda juga menyukai