NUTRISI TEPAT BAGI PASIEN ISOLASI MANDIRI COVID-19

Semangat pagi mitra healthier

Berdasarkan hasil penelitian dari UK Biobank Study menunjukkan semakin tinggi skor gaya hidup maka semakin meningkat risiko terserang Covid-19. Gaya hidup yang semakin buruk, seperti sering merokok, kurang atau tidak pernah melakukan aktivitas fisik, minum alkohol dalam jumlah banyak, dan obesitas ternyata meningkatkan risiko terserang Covid-19. Ini membuktikan bahwa pesan-pesan yang selama ini sudah disampaikan kepada masyarakat tentang pola hidup sehat atau gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) ternyata bisa berdampak pada penurunan risiko infeksi Covid-19. Salah satu poin penting dalam GERMAS adalah Aspek Gizi, dimana peningkatan status gizi secara tidak langsung akan meningkatkan imunitas.

Urgensi Aspek Gizi untuk COVID 19

  1. Gizi menjadi skala prioritas dalam respon imun dan pemulihan Covid 19
  2. Aspek gizi meliputi kegiatan promotif, preventif dan kuratif untuk berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit Covid 19
  3. Promosi diet dengan gizi yang sehat dan seimbang termasuk pemberian ASI merupakan bagian dari strategi pencegahan dan pemulihan Covid 19

Gizi dan Imunitas

  1. Gizi seimbang dibutuhkan oleh sel-sel imun agar dapat berfungsi dengan baik. terutama pada kondisi terjadi peningkatan kebutuhan zat gizi (infeksi, stress)
  2. Gizi seimbang optimal memperkuat respon imun dan membantu mengatasi infeksi dalam waktu lebih pendek dan mencegah inflamasi lebih lanjut
  3. Gizi mikro dan makro sama-sama berperan penting

Gizi untuk mencegah Covid 19

  1. Pola makan yang sehat akan mencegah atau mengurangi risiko terserang Covid 19
  2. Prinsip dari pola makan sehat adalah aman, bergizi, beragam dan seimbang
    • Aman: secara biologis, fisika dan kimiawi
    • Bergizi: mengandung zat gizi yang lengkap (makronutrien dan mikronutrien serta air) dengan jumlah sesuai kebutuhan
    • Beragam: mengkomsumsi sumber zat gizi secara beragam
    • Seimbang: panduan umum gizi seimbang (PUGS)

Gizi untuk Terapi Covid 19

  1. Proses infeksi virus dan inflamasi dapat meningkat risiko terjadinya malnutrisi sehingga diperlukan perhitungan kebutuhan energi, protein, lemak, cairan dan zat gizi lain yang sesuai
  2. Terjadi ketidakseimbangan kebutuhan energi pada penderita COVID 19 akibat peningkatan konsumsi energi dan protein yang disebabkan oleh faktor seperti demam, stres metabolik, peningkatan kerja otot pernafasan serta ventilasi mekanik yang akan meningkatkan kebutuhan energi dan protein

TIPS MENYUSUN MENU SEHAT UNTUK MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH

Untuk Pasien Isolasi Mandiri

  1. Asupan diet sehat gizi seimbang
  2. Sesuaikan bentuk makanan bila perlu (batuk, sesak, nyeri tenggorok)
  3. Pertimbangan suplementasi formula padat gizi bila asupan kurang
  4. Konsumsi multivitamin dan antioksidan sesuai anjuran
  5. Vitamin C non acidic 500 mg/6-8 jam selama 14 hari
  6. Multivitamin mengandung Vit B, Seng, E, C
  7. Tablet Hisap vitamin C 500 mg/ 12 jam selama 30 hari
  8. Fitofarmaka sesuai anjuran
  9. Suplemen antioksidan

REKOMENDASI

  1. Pemberian nutrisi tepat dapat berperan baik sebagai tndakan pencegahan maupun sebagai terapi
  2. Untuk tindakan pencegahan, rekomendasi yang dapat diberikan adalah:
  3. Makanlah makanan yang sehat dan seimbang sesuai dengan kebutuhan
  4. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan asupan tinggi protein, sayuran dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral
  5. Cuci tangan dan bahan makanan sebelum diolah
  6. Tidur yang cukup dan cegah dehidrasi
  7. Olahraga secara teratur (30-60 menit, 5-7 x / minggu)

Sumber:

  1. Panduan Praktis Penatalaksanaan Nutrisi Covid-19 oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia
  2. Buku Saku Bahan Pangan Potensial untuk Anti Virus dan Imun Booster oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Balitbang Pertanian Kementrian Pertanian

Disampaikan oleh dr. Nurhati Febriani, Sp.GK dalam edukasi kesehatan RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara

Mungkin Anda juga menyukai